Posted by : Gilang Faisal Gunawan 25 Agu 2011

Destilasi merupakan suatu teknik pemisahan larutan yang berdasarkan pada perbedaan titik didihnya. Destilasi terfraksi dugunakan untuk larutan yang mempunyai perbedaan titik didih yang tidak terlalu jauh yaitu sekitar 30°C atau lebih. Dasar pemisahan suatu campuran dengan destilasi adalah adanya perbedaan titik didih dua cairan atau lebih yang jika campuran tersebut dipanaskan, maka komponen yang titik didihnya lebih rendah akan menguap lebih dulu. Dengan mengatur suhu secara cermat, kita dapat menguapkan dan kemudian mengembunkan komponen-komponen secara bertahap.

Destilasi terfraksi ini berbeda dengan destilasi biasa, karena terdapat suatu kolom fraksionasi dimana terjadi suatu proses refluks. Proses refluk pada destilasi ini dilakukan agar pemisahan campuran etanol-air dapat terjadi dengan baik. Kolom fraksionasi berfungsi agar kontak antara cairan dengan uap terjadi lebih lama. Sehingga komponen yang lebih ringan dengan titik didih yang lebih rendah akan terus menguap dam masuk kondensor. Sedangkankan komponen yang lebih bersat akan kembali kedalam labu destilasi.

Tujuan dari percobaan destilasi ini adalah untuk mengetahui konsentrasi maksimun destilat yang dapat diperoleh, menentukan HETP (height equivalent to a theoretical plate) pada refluks total, serta menentukan jumlah tahap minimum (Nmin) pada refluks total. HETP adalah panjang isian (panjang kolom) dibagi dengan jumlah kepingan teoritis, ditentukan untuk mengetahui efesiensi kolom destilasi. Prinsipnya berdasarkan pada Hukum Roult yaitu tekanan uap pada larutan ideal pada suhu tertentu sebanding dengan tekanan uap murni dikali dengan fraksi murni. Dan Hukum Dalton yaitu tekanan ideal dalam suatu campuran gas sama dengan tekanan parsial masing-masing komponennya.

Sistem destilasi yang dilakukan pada percobaan kali ini adalah sistem batch, dimana umpan yang akan dipisahkan dimasukan sekali yaitu pada awal proses. Mekanismenya yaitu campuran etanol-air yang akan dipisahkan dimasukkan kedalam labu destilasi. Kemudian dipanaskan secara bertahap sampai suhu yang terukur pada termometer konstan. Sehingga cairan yang yang sesuai dengan titik didih etanol akan terjadi kontak antara cairan dengan uap karena adanya tekanan didalam kolom fraksionasi. Sedangkan cairan yang ttitik didihnya lebih tinggi kembali kedalam labu. Uap yang keluar dari kolom selalu berada dalam kesetimbangan dengan zat cair yang ada dalam labu. Tetapi karena uap lebih kaya akan komponen yang lebih mudah menguap, maka komposisi uap maupun cairan itu tidak akan konstan. Suhu pemanasan harus diatur sedemikian sehingga tidak terjadi flooding (banjir) ketika cairan telah mendidih.

Destilat ditampung sebanyak 100 mL dimulai setelah suhu konstan dan ditampung sebanyak lima fraksi.. Hal ini untuk mengetahui bagaimana perubahan komposisi destilat.

Fraksi minyak mentah yang tidak menguap menjadi residu. Residu minyak bumi meliputi parafin, lilin, dan aspal. Residu-residu ini memiliki rantai karbon sejumlah lebih dari 20.

Fraksi minyak bumi yang dihasilkan berdasarkan rentang titik didihnya antara lain sebagai berikut :

1. Gas
Rentang rantai karbon : C1 sampai C5
Trayek didih : 0 sampai 50°C

2. Gasolin (Bensin)
Rentang rantai karbon : C6 sampai C11
Trayek didih : 50 sampai 85°C

Add caption
3. Kerosin (Minyak Tanah)
Rentang rantai karbon : C12 sampai C20
Trayek didih : 85 sampai 105°C

4. Solar
Rentang rantai karbon : C21 sampai C30
Trayek didih : 105 sampai 135°C


5. Minyak Berat
Rentang ranai karbon : C31 sampai C40
Trayek didih : 135 sampai 300°C


6. Residu
Rentang rantai karbon : di atas C40
Trayek didih : di atas 300°C


Fraksi-fraksi minyak bumi dari proses destilasi bertingkat belum memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga perlu pengolahan lebih lanjut yang meliputi proses cracking, reforming, polimerisasi, treating, dan blending.



















Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

About Me

Foto saya
Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
Seorang mahasiswa (kupu-kupu) di jurusan Teknik Kimia Universitas Lampung yang kerjaannya hanya Online ga jelas tiap hari dari pagi sampai malam. Hobinya menonton anime Crayon Shinchan juga mengkoleksi berbagai video dari AKB48 dan sister sisternya.
Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

- Copyright © 2013 Blog RdFaizal - Oreshura - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -